Yang Online

Ada 7 tamu online
Tentang Kami PDF Cetak Email

SEJARAH SINGKAT

Rumah sakit Kristen Lindimara sudah berdiri selama 106 tahun di pulau Sumba, RSK Lindimara menjalankan Misi Allah melalui pelayanan dibidang kesehatan. Pada tahun 1904 dirintis pelayanan kesehatan oleh misionaris belanda Pdt. D.K Wielenga. Di bawah pohon melayani masyarakat Sumba yang belum tersentuh pelayanan kesehatan.

Pelayanan ini berubah menjadi Balai Pengobatan ditahun 1912, kegiatan pelayanan meliputi; pemberitaan Injil, menguatkan yang lemah, menyembuhkan yang sakit melalui balai pengobatan dan dalam perjalanannya hingga tahun 1937 berkembang menjadi Rumah Sakit Kristen Lindimara.

Pelayanan Rumah Sakit meneladani Kristus, melewati berbagai situasi politik dan keamanan. Tuhan senantiasa menyertai RS Kristen Lindimara melewati masa perang dan berbagai kesulitan. Tahun 1949 dibentuklah Yayasan Untuk Menyelenggarakan Rumah Sakit Kristen Di Sumba. Sinode GKS sebagai pemilik RSK Lindimara, Melalui pergumulan yang panjang oleh rapat Pengurus Yumerkris diambil kesimpulan untuk tetap mempertahankan eksistensi RSK Lindimara dengan berbagai pertimbangan antara lain :

  • Kehadiran Rumah Sakit Kristen Lindimara sejak tahun 1912 adalah milik yang paling berharga dengan seberkas sejarah pelayanan di Sumba Khususnya Sumba Timur
  • Bahwa Rumah Sakit ini adalah alat untuk menyatakan Kasih Kristus kepada sesama.
  • Dengan kehadiran Rumah Sakit ini maka Yumerkris khususnya dan GKS pada umumnya menunjang program Pemerintah dalam pembangunan di bidang kesehatan sesuai dengan Garis Besar Kebijakan Pemerintah dalam Sistem pelayanan Kesehatan Nasional.

VISI & MISI

Visi:

"Menjadi Rumah Sakit Yang Melayanai Dengan Kasih dan Mengutamakan Mutu Keselamatan Pasien"

Misi:

  1. Memberikan pelayanan kesehatan yang holistic pada setiap orang berlandaskan Kasih Kristus tanpa membedakan status sosial, agama, ras, suku, dan golongan.
  2. Menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan yang berpusat pada pasien dengan mengutamakan Mutu dan Keselamatan Pasien.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan mutu SDM secara utuh yang berintegritas, profesional dan inovatif.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan mutu peralatan, sarana dan prasarana.
  5. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas administrasi dan manajemen.
  6. Menyelenggarakan Rumah Sakit yang aman dan ramah lingkungan.

TERAKREDITASI

Rumah Sakit Krister Lindimara merupakan rumah sakit swasta pertama di pulau Sumba dan merupakan rumah sakit Tipe-D dan sudah TERKAREDITASI PERDANA oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (KARS). Namun demikian secara faktual berdasarkan ketersediaan fasilitas RSKL memberikan gambaran bahwa beberapa fasilitas yang ada sudah termasuk dalam fasilitas Rumah Sakit Tipe-C.